D-Laundry

Ini Cara Merawat dan Mencuci Jeans Favoritmu

By March 3, 2019 No Comments
cara mencuci jeans favoritmu

Salah satu pakaian yang wajib dan jadi favorit banyak orang, jeans! Kamu mungkin memiliki jaket, kemeja, atau celana jeans berbahan denim yang menjadi favorit dan selalu kamu gunakan sehari-hari. Nah, karena favorit dan sering dipakai, jangan sampai pakaian berbahan denim kamu lembab dan bau tidak sedap. Nah, di bawah ini kami akan berbagi tentang bagaimana cara mencuci pakaian berbahan denim favoritmu.

Terdapat berbagai cara mencuci bahan denim yang akan dibahas dalam artikel ini, kamu bisa pilih sesuai keinginan dan mana yang paling tepat. Tapi sebelumnya mari kita ketahui dua jenis bahan denim yang memiliki cara penanganan yang berbeda.

Pre Washed Denim

Seperti namanya, pre-washed denim telah melalui proses pencucian sedemikian rupa hingga mencapai bentuk yang terkesan sudah lama terpakai.

Raw Denim

Biasanya memiliki warna yang lebih gelap dibanding dengan pre-washed denim. Raw denim membutuhkan waktu agar warnanya bisa memudar dan menyesuaikan kontur tubuhmu. Selain memudar, raw denim bisa menyusut setelah kamu cuci.

Lalu, bagaimana cara mencuci pakaian denim berdasarkan jenisnya?

berbagai cara mencuci jeans pre washed denim dan raw denim

pexels.com | cara mencuci jeans

Mencuci Pre Washed Denim

Kamu tidak perlu repot soal untuk mencuci pakaian berbahan pre-washed denim. Selama tidak ada noda di jeans kamu bisa terus menggunakannya tanpa harus kamu cuci setiap kali pemakaian, kamu bahkan bisa mencucinya tiap lima kali pemakaian. Untuk denim berwarna biru, gunakan air dingin dengan putaran mesin cuci rendah. Untuk denim berwarna putih, gunakan air hangat dengan putaran mesin cuci yang rendah pula dan hindari penggunaan pemutih karena dapat memberikan warna kekuningan pada denim putih kamu.
Untuk mengeringkan, hindari matahari langsung agar warna dan bahan tidak cepat pudar dan rusak.

Mencuci Raw Denim

Raw denim yang baru saja kamu beli belum membentuk kontur tubuhmu dan belum mempunyai tekstur tertentu yang membuatnya semakin menarik. Dalam mencuci raw denim ada beberapa langkah berbeda yang mungkin bisa kamu coba.

Kalau kamu ingin agar pakaian denim kamu mempunyai tekstur seperti yang kamu inginkan kamu bisa mencoba untuk tidak mencucinya selama enam bulan dan lakukan beberapa hal di bawah ini:

Gunakan spray deodorant

Beli spray deodorant terkhusus bahan jeans apabila kamu berniat mencucinya setelah enam bulan.

Gunakan essential oil

Wangi lavender atau tea tree akan menghilangkan bau tidak sedap dari jeans-mu dan sebagai zat anti-bakterial apabila kamu menggunakan tea tree. Caranya adalah dengan mencampur air dengan minyak essential oil yang kemudian kamu semprotkan pada jeans.

Gunakan tissue bayi atau tissue antiseptik

Kamu juga bisa menggunakan tissue bayi atau tissue basah lainnya yang memiliki bahan antiseptik untuk menghilangkan bau atau bakteri.

Masukan jeans dalam freezer

Cara unik terakhir ini bisa saja kamu gunakan untuk menghilangkan bau dan bakteri loh! Kamu bisa menaruhnya ke dalam freezer! Tapi pastikan kamu sudah membungkus jeans sedemikian rupa, lalu baru bisa kamu taruh ke dalam freezer. Kamu bisa menunggunya semalaman atau dalam beberapa jam.

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah melalui cuci manual atau mesin cuci.

Cara mencuci denim secara manual

Ketika kamu hendak ingin mencuci raw denim untuk pertama kalinya, disarankan untuk kamu lakukan sendiri tanpa penggunaan mesin cuci. Yang perlu kamu lakukan adalah:

  • Rendam denim dengan kondisi jeans yang sudah kamu tukar dengan jeans bagian dalam
  • Rendam denim menggunakan air dingin
  • Rendam denim dengan menggunakan deterjen khusus bahan jeans dalam waktu satu jam
  • Setelah satu jam bilas denim dan isi ulang air rendaman dengan air untuk memastikan sabun atau deterjen sudah hilang
  • Keringkan denim-mu dengan cara diangin-anginkan atau kamu gantung (jangan diperas karena akan merusak material)

Cara mencuci denim dengan mesin cuci

Cara ini mungkin lebih singkat dibanding dengan kamu harus mencuci manual, berikut langkahnya:

  • Pastikan bagian dalam denim sudah kamu tukar dengan bagian luar jeans dan sebaiknya kamu cuci tanpa tercampur dengan pakaian atau bahan lainnya
  • Pilih wash selector dengan kondisi gentle dan gunakan temperatur dingin
  • Keringkan jeans dengan diangin-anginkan atau kamu gantung

Itu dia tadi beberapa cara mencuci pakaian berbahan denim yang mungkin bisa langsung kamu terapkan, jadi enggak perlu bingung lagi untuk mencucinya.

Tapi, bagaimana kalau ternyata kamu enggak punya waktu untuk mencuci denim-mu? Jangan khawatir! Sekarang ada D-laundry, laundry on demand yang akan mempermudah urusan cuci mencucimu. Unduh di sini.