D-Laundry

Begini Cara Merawat Pakaian Bahan Katun dan Wol

By March 3, 2019 No Comments
Begini Cara Merawat Pakaian Bahan Katun dan Wool

Merawat pakaianmu berarti kamu berkontribusi pada lingkungan sekitar, lho. Seringkali, pakaian yang tidak terpakai dan rusak dibuang dan menjadi limbah tekstil. Di Indonesia, penanganan limbah tekstil masih minim sekali. Padahal limbah tekstil termasuk limbah yang mempengaruhi kondisi ekosistem lingkungan, terutama di sungai.

Nah, agar pakaian tidak cepat rusak, yuk, simak cara-caranya:

Bahan Pakaian Katun dan Wol

pexels.com | cara merawat katun dan wool

Cara Merawat Pakaian Berbahan Katun

Yang pertama, mari kita bahas mengenai cara merawat pakaian berbahan katun, karena bahan inilah yang paling sering kita gunakan dan kita temui – dari t-shirt, seprei, pakaian dalam, dan lain-lain. Katun adalah salah satu bahan esensial karena bahannya yang nyaman dan cukup awet.

  • Pisahkan berdasarkan bahan dan warna
  • Air panas atau hangat dapat mengakibatkan pakaian berbahan katun menjadi luntur dan menyusut, jadi pastikan kamu mencuci dengan suhu air yang relatif rendah untuk pakaian dan kain berwarna. Sedangkan untuk handuk dan sprei kamu tetap membutuhkan air yang cukup hangat untuk menghilangkan bakteri
  • Atur mesin cucimu untuk dapat mencucinya selembut mungkin, atau kalau kamu mencuci secara manual pastikan kamu tidak mengucek terlalu keras.
  • Biarkan bahan katun kering dengan diangin-anginkan

Cara Merawat Pakaian Berbahan Wol

Kedua selanjutnya adalah salah satu bahan yang sering kita gunakan juga, cara merawat pakaian berbahal wol memiliki perbedaan dengan cara merawat pakaian berbahan katun. Apa saja perbedaannya?

  • Beberapa pakaian berbahan wol seringkali hanya membutuhkan perawatan secara manual atau dengan kata lain kamu cuci sendiri dengan tangan. Gunakan deterjen yang lembut. Apabila harus menggunakan mesin cuci atur mesin cucimu selembut mungkin.
  • Mungkin kamu terbiasa untuk menggantung pakaian secara vertikal, ternyata agar pakaian wol-mu lebih tahan lama kamu perlu untuk membaringkan pakaianmu dan kamu angin-anginkan. Kamu bisa menaruhnya di atas rak handuk atau di tempat mana pun yang kamu bisa baringkan. Karena dengan kamu gantung secara vertikal, pakaianmu bisa kehilangan bentuk asli awalnya, ini dikarenakan bahan yang lebih tebal.
  • Untuk penyimpanan juga disarankan untuk kamu lipat, terutama kalau bahan wool-nya cenderung tebal, hindari menggantung pakaian wool-mu karena akan merusak bentuknya.

Nah, sudah memahami cara merawat pakaian favoritmu? Kedua bahan ini pasti salah satunya kita miliki di lemari dan pastinya sering digunakan, oleh maka itu penting adanya untuk kita rawat.

Kita memang tidak bisa menjamin seberapa tahan lama pakaian yang kita miliki, tapi setidaknya kita bisa mengantisipasinya dengan merawatnya sebaik mungkin.

Jangan lupa untuk unduh D-laundry kalau kamu sedang butuh mencuci instan, dengan D-laundry kamu tidak perlu khawatir dengan perawatan pakaianmu, D-Laundry mempunyai mitra laundry terpercaya yang siap membantu urusan cuci dan merawat pakaian.

Happy laundry!

Leave a Reply