D-Laundry

Tips Mudah Cara Hemat Air di Rumah

By March 15, 2019 No Comments
tips hemat air di rumah

Kamu mungkin mulai menerapkan gaya hidup yang eco friendly dan mulai bertanya-tanya apakah ada cara lainnya agar kegiatan cuci mencuci sendiri di rumah bisa lebih menghemat air, karena tanpa sadar bisa saja ketika kamu sedang mencuci kamu membiarkan air menyala dan alih-alih malah jadi pemborosan.

Tapi sebelum kita bahas ke hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menghemat air, kamu juga perlu paham alasan kenapa hemat air adalah salah satu kebiasaan yang perlu kamu biasakan mulai dari sekarang.

 

tips hemat air: kenapa kamu harus hemat air di rumah?

pexels.com | hemat air di rumah

Kenapa kamu harus hemat air di rumah?

Hemat listrik

Dengan menghemat air kamu juga bisa lebih hemat listrik, terutama kamu yang menggunakan pompa listrik di rumah.

Tidak semua daerah punya asupan air bersih yang cukup

Tidak semua daerah dan tanah punya asupan air bersih yang cukup, pemerataan air bersih di Indonesia sendiri belum sepenuhnya merata.

Bayangkan kalau kamu terbiasa melakukan pemborosan dan suatu saat harus bepergian ke daerah yang memiliki akses air bersih yang minim, kamu tentu enggak bisa dengan santainya melakukan pemborosan kan? karena ada orang lain juga yang membutuhkan

Eksploitasi air tanah

Apabila air terus-terusan memompa keluar dari tanah untuk digunakan, dampaknya kamu tidak selalu punya persediaan air di rumahmu. Apalagi saat musim kemarau. Selain itu dengan terus menerus mengekspolitaso air tanah secara berlebihan juga dapat memengaruh ekosistem tanah.

Bagaimana menghemat air di rumah?

Kamu bisa memulai gaya hidup hemat air di rumah dengan beberapa cara  sederhana di bawah ini:

Gunakan air keran secukupnya

Ketika sedang mencuci tangan atau mencuci piring terkadang kita lupa untuk tidak segera menutup keran dan membiarkan air mengalir ketika sedang mencuci.

‘Daur ulang’ air

Yang dimaksud dengan mendaur ulang air adalah kamu dapat menggunakan air bekas atau sisaaan cucian untuk kegiatan lain, contoh mudahnya adalah air yang kamu gunakan untuk mencuci sayur dan buah bisa kamu gunakan kembali untuk menyiram tanaman.

Jangan mandi terlalu lama

Memang nyaman rasanya dapat mandi air panas setelah seharian sibuk beraktifitas, terkadang saking nyamannya kamu jadi kelamaan menggunakan shower. 

Gunakan penutup kolam

Kalau di rumahmu ada kolam renang, sebaiknua kamu menggunakan penutup kolam. Fungsinya adalah agar air tidak mudah menguap karena panas matahari. Kalau air dengan mudahnya menguap, maka kamu harus lebih sering lagi untuk mengisi kolam.

Tadi itu sebagian cara yang bisa mulai kamu terapkan untuk memulai gaya hidup yang lebih hemat air, apakah kamu punya cara lain untuk menghemat air di rumah?

Oh ya, kalau kamu sekarang sedang terburu-buru dan tidak punya banyak waktu untuk mencuci pakaian di rumah, kamu bisa menggunakan aplikasi laundry on-demand, D-laundry. Yuk unduh di sini.